Selasa, 12 April 2011

Cuci Darah dan Transplantasi Ginjal

Bagi para penderita gangguan dan gagal ginjal akut, cuci darah dan cangkok ginjal menjadi pilihan utama untuk memulihkan kondisi tubuh. Mesin cuci darah pun menjadi kebutuhan utama mereka. Tapi tahukah Anda siapa yang pertama kali menciptakan mesin yang mampu menyambung hidup banyak orang itu? Ternyata, mesin cuci darah diciptakan oleh Willem Kolf asal Belanda, tepatnya pada tahun 1911.

Hebatnya, mesin cuci darah yang diciptakan Willem Kolf tidak dipatenkan. Ia beralasan karena temuannya merupakan pengabdian kepada rasa kemanusiaan. Usaha Kolf tidak berhenti sampai di sini. Demi pengabdiannya ia juga melakukan penelitian untuk mesin jantung buatan di Cleveland Clinic Foundation. Sungguh, sebuah hal sangat mulia yang dicontohkan Willem.

Alternatif lain selain cuci darah adalah dengan melakukan transplantasi ginjal bagi pasien yang menderita gagal ginjal. Pada tahun 1909, ginjal manusia yang rusak mulai ditransplantasi dengan ginjal hewan. Namun sayangnya, belum ada satu pun penerima transplantasi ginjal yang selamat dengan metode ini. Para peneliti pun terus mengembangkan metode transplantasi ginjal.

Setelah ketidakberhasilan menggunakan ginjal hewan, cangkok ginjal mulai dilakukan dari manusia ke manusia. Seperti yang dilakukan oleh ahli bedah di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Charles Hufnagel tepatnya pada tahun 1947 dengan mencoba mencangkok ginjal dari orang yang baru meninggal ke tubuh seorang wanita penderita ginjal akut. Saat itu, cangkok ginjal yang dilakukan adalah dengan menanamkan ginjal donor tersebut di bagian tangan pasien. Alhasil, ginjal donor dapat bekerja sesaat. Walaupun pada akhirnya pasien tidak dapat pulih kembali.

Akhirnya pada tanggal 23 Desember 1954, sebuah upaya transplantasi antara ginjal pendonor yaitu Ronald Herrick dengan penderita yang merupakan saudara kembarnya, Richard, berhasil dilakukan dengan sempurna. Transplantasi sempurna ini berhasil dilakukan oleh dokter Joseph Murray di rumah sakit Peter Brigham, Boston, Amerika Serikat. Berkat keberhasilannya, dokter Murray mendapatkan hadiah Nobel pada tahun 1990 di bidang Fisiologi.

Sumber : http://www.ikcc.or.id

38 komentar:

Unknown mengatakan...

siap mendonorkan ginjal,laki",umur 31 th,gol darah o,tidak punya riwayat penyakit berbahaya,no drugs & no alcohol,hasil check up bagus,semoga bisa saling membantu.hub 021-33773885.

Unknown mengatakan...

siap mendonorkan ginjal,laki" sehat jasmani dan rohani,umur 31 th,gol darah o rh+,awal bulan nov 2012 pernah cek darah dan urine hasil normal,masalah yang saya hadapi 80 jt an.semoga bisa saling membantu,hub 021-70087344

Unknown mengatakan...

sayasiap mendonorkan ginjal saya.usia 35 kondisi sehat jasmani rohani golongan darah A+.tdk narkoba siap dimedical ulang.jika ada yg membutuhkan bisa hubungi saya 085853542633.mslh kopensasi yg terpenting saling iklas menolong .dikarenakan saya jg membutuhkan biaya untuk menghidupi anak2 sya.trims saya tunggu secepatnya..dan semoga kita bisa saling membantu

irvan.saja mengatakan...

Saya pria 36 tahun gol darah B+ domisili bandung bagi yg membutuhkan ginjal saya silahkan hub 089656217747 pin 31427C5A

cacu setiawan mengatakan...

saya laki2 usia 30 thn golongan darah A dan saya sudah cek-up rumah sakit.saya beniat untuk mendonorkan ginjal saya demi keluarga dan masa depan anak saya.jika ada yang membutuhkan saya siap kapan pun waktunya.silahkan hbungi saya di nope 087718856664 / 085224161234 atau email di cacusetiawan@yahoo.com

cacu setiawan mengatakan...

saya laki2 usia 30 thn golongan darah A dan saya sudah cek-up rumah sakit.saya beniat untuk mendonorkan ginjal saya demi keluarga dan masa depan anak saya.jika ada yang membutuhkan saya siap kapan pun waktunya.silahkan hbungi saya di nope 087718856664 / 085224161234 atau email di cacusetiawan@yahoo.com

Unknown mengatakan...

saya laki2 usia 30 thn,golongan darah A,saya bermaksud mau mendonorkan ginjal saya demi keluarga dan masa depan anak saya.jika ada yang membutuhkan silahkan hubungi saya di nomor 087718856664 atau via email di cacusetiawan@yahoo.com.....saya akan selalu siap kapan pun anda butuhkan.

Unknown mengatakan...

: Abdul Mukhis
Umur : 24
Tinggi Badan : 169
Berat Badan : 52
Jenis "L/P : L
Golongan Darah : O
ginjal saya sehat,
Domisili+No.Hp yg bs dihub: JATENG (Pekalongan) 089605635043
jarang merokok ,
tidak minum minuman keras sejenis memabukkan,
tidak mengkonsumsi Narkoba / Sejenis,
tidak menderita Penyakit Kelamin / Sejenis ?
udah ada hasil LAB !!

@Motivasi donor ginjal : melunasi hutang" KELUARGA dan kemanusian iklas lahir batin., secepatnya !!!

Unknown mengatakan...

trianto 25 tahun golongan darah o positif, kompensasi gak terlalu mikir,, serius yang butuh silahka hub saya 081915122128

Karya Mandiri Auto mengatakan...

Selamat pagi...

Bagi Anda/Saudara/i/Teman yang sedang benar-benar membutuhkan Donor Ginjal dengan Golongan Darah A (+). Saya berniat untuk mendonorkan salah satu Ginjal saya kepada yang sedang membutuhkan tersebut. Untuk masalah kompensasi, itu bergantung kepada kemampuan Anda/Saudara/i/Teman. Karena saya berniat membantu murni atas dasar tolong-menolong. Saya melakukan ini tentunya sudah berfikir matang serta atas kesadaran sendiri dan tentunya saya ikhlas.

Adapun sedikit biodata saya :
Nama : Rizky
Jenis Kelamin : Pria
Umur : 25 Tahun
Gol Darah : A
Rhesus : + (positif)
Tinggi Badan : 182 Cm
Berat Badan : 65 Kg
Rokok : Ya
Alkohol : Tidak
Narkoba : Tidak
Kondisi Badan : Sehat
Kompensasi : Musyawarah
Domisili : Jakarta Pusat
Nomor Kontak : 085779953129
Email : karyamandiriauto@gmail.com

Silahkan telepon / sms. Pasti saya balas.

Unknown mengatakan...

BAGI Anda/Saudara/i/Teman yang sedang benar-benar membutuhkan Donor Ginjal dengan Golongan Darah A (+). Saya berniat untuk mendonorkan salah satu Ginjal saya kepada yang sedang membutuhkan tersebut. Untuk masalah kompensasi, itu bergantung kepada kemampuan Anda/Saudara/i/Teman. Karena saya berniat membantu murni atas dasar tolong-menolong. Saya melakukan ini tentunya sudah berfikir matang serta atas kesadaran sendiri dan tentunya saya ikhlas.

BIODATA :
Jenis Kelamin : Pria
Umur : 25 Tahun
Gol Darah : A
Rhesus : + (positif)
Tinggi Badan : 182 Cm
Berat Badan : 65 Kg
Rokok : Ya
Alkohol : Tidak
Narkoba : Tidak
Kondisi Badan : Sehat
Kompensasi : Musyawarah
Domisili : Jakarta Pusat
Nomor Kontak : 083819960984

Unknown mengatakan...

#FAST RESPON KOK. BUAT YG SERIUS AJA
gol. darah O+. tdk mrokok dan mbuk2n. 089685319598. umur 19thn (Ginjal atau Hati) sorry bukan makelar yg kasih harga mahal. saling membantu. #Domisili Pamanukan-Subang.-cikampek

Unknown mengatakan...

#FAST RESPON KOK. BUAT YG SERIUS AJA
gol. darah O+. tdk mrokok dan mbuk2n. 089685319598. umur 19thn (Ginjal atau Hati) sorry bukan makelar yg kasih harga mahal. saling membantu. #Domisili Pamanukan-Subang.-cikampek

Unknown mengatakan...

#FAST RESPON KOK. BUAT YG SERIUS AJA
gol. darah O+. tdk mrokok dan mbuk2n. 089685319598. umur 19thn (Ginjal atau Hati) sorry bukan makelar yg kasih harga mahal. saling membantu. #Domisili Pamanukan-Subang.-cikampek

Unknown mengatakan...

ralatttttt. ralat setelah HP hilang nih.

saya gol.darah O+(barubpriksa di prodia jakarta) sehat tidak merokok tidak mabuk2n. umur 19 jalan 20 (april2015)siap 089647186676/ 085321561485
fb :sianturi_harris@yahoo.com

Unknown mengatakan...

ralatttttt. ralat setelah HP hilang nih.

saya gol.darah O+(barubpriksa di prodia jakarta) sehat tidak merokok tidak mabuk2n. umur 19 jalan 20 (april2015)siap 089647186676/ 085321561485
fb :sianturi_harris@yahoo.com

Unknown mengatakan...

ralatttttt. ralat setelah HP hilang nih.

saya gol.darah O+(barubpriksa di prodia jakarta) sehat tidak merokok tidak mabuk2n. umur 19 jalan 20 (april2015)siap 089647186676/ 085321561485
fb :sianturi_harris@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Nama : eko wahyu s
Jenis kelamin : laki-laki
Umur : 25 thn
Tinggi : 166 cm
BB : 54 kg
1. Tidak mengkonsumsi miras
2. Tidak mengkonsumsi narkoba
3. Tidak Merokok
4. Tdk ada penyakit kelamin,Boleh di cek kembali pada saat pemeriksaan
Ginjal dgn gol darah B
Hub 085777883558
Pin : 54E18AD4
email : ekocoolbngeet@rocketmail.com

Unknown mengatakan...

Nama : eko wahyu s
Jenis kelamin : laki-laki
Umur : 25 thn
Tinggi : 166 cm
BB : 54 kg
1. Tidak mengkonsumsi miras
2. Tidak mengkonsumsi narkoba
3. Tidak Merokok
4. Tdk ada penyakit kelamin.
5. Boleh di cek kembali pada saat pemeriksaan,Ginjal dgn gol darah B
Hub 085777883558
Pin: 54E18AD4
email : ekocoolbngeet@rocketmail.com

ahmad malikk mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

30 tahun Laki2, golongan darah B+.
Mohon info kl ada yang membutuhkan ginjal , sudah medical check up ( Darah , Urine , HIV ) lengkap di Prodia tanggal 19 kemaren.
Dimanapun saya siap,makasih .
085875500061

Rachmadi mengatakan...

saya berniat mendonorkan ginjal saya gol A. ada bukti rekam medik dari RSCM. bila ada yang membutuhkan silahkan hub :
087837434442
082313924787
805juni@gmail.com

Unknown mengatakan...

Sy berniat mau mendonorkan ginjal sy krn sy lg terlilit utang, golongan darah sy O
Sy sehat jasmani tdk perokok dan non alkohol dan non narkotika..
Jika berminat hubungin sy di 081376174748
Trimakasih

Pasang Wi-Fi oxygen mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pasang Wi-Fi oxygen mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
hendrik mengatakan...

?

hendrik mengatakan...

Saya berniat mendonorkan Ginjal saya,
saya laki-laki, usia 43 Th golongan darah A bebas Alkohol bila ada yang minat silahkan segera kontak ke saya di 087877250723

hendrik mengatakan...

Saya berniat mendonorkan Ginjal saya,
saya laki-laki, usia 43 Th golongan darah A bebas Alkohol bila ada yang minat silahkan segera kontak ke saya di 087877250723

hendrik mengatakan...

?

aan ariandy sakona mengatakan...

Sya siap menjual ginjal saya...harga bsa di bicarakan...gol. darah B, sehat jasmani..umur 31 thn...yg minat silahkan hub, email mr.sakona@gmqil.com, 082393041180

shinji mengatakan...

Domisili Surabaya
Gol darah: A
Usia : 30
muhamad836@gmail.com atau 085731722058

shinji mengatakan...

Domisili Surabaya
Gol darah: A
Usia : 30
muhamad836@gmail.com atau 085731722058

Anthony Craig mengatakan...

Selamat Datang di Rumah Sakit Umum Toronto, rumah sakit Spesialis yang membeli ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda dalam pertukaran uang? Jika ya, maka hubungi dokter Anthony Craig hari ini untuk mendapatkan handal dan baik transaksi untuk uang yang baik dan untuk Bedah baik, Hubungi kami Via: torontogeneralhospital@aol.com

Menunggu respon Anda ... ..
Salam Hormat….
Dr Anthony Craig

Unknown mengatakan...

golongan darah a bersedia donor ginjal pria umur 30 sehat hp 082122516502

Ahmad mengatakan...

Salam sehat teman teman, saya ahhmad...info cari donor goldar A, domisili Jabodetabek umur 27-35 thn, berminat hub : 085711080896..trimakasi

Rizky barokah mengatakan...

Assalamualaikum..
Saya wanita umur 28th
Berdomisili di sidoarjo
Gol. B+
Kondisi insyaAllah sehat lahir batin
Insya Allah saya siap mendonorkan ginjal.
Serius. Hub. 0812-4635-846
Semoga bermanfaat. Amin.

Unknown mengatakan...

Saya pria sehat umur 33 golongan darah O tidak alkohol atau narkoba tidak pernah operasi atau memiliki riwayat penyakit berat. Siap mendonorkan ginjal saya satu atau sebagian hati saya bagi yang serius . Mail saya : andresurvey73@gmail.com
Atau telepon +62811514767

Unknown mengatakan...

Serius mau jual ginjal 1,
Riwayat tidak pernah sakit di ginjal
Gol darah O
Umur 41 tahun
No hp.085717140172
Serius

Posting Komentar